Seputar Aerobic

Aerobic

Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang paling sering dilakukan. Entah untuk pria maupun wanita. Melakukan senam aerobic memiliki manfaat yang sangat banyak sekali bagi tubuh. Seperti membantu membakar lemak, membuat tubuh lebih sehat, jantung lebih baik dan masih banyak lainnya. tetapi latihan aerobic tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Harus anda instruktur berpengalaman, supaya hasilnya lebih maksimal. Jika dilakukan sembarangan bisa membuat tubuh cidera atau tujuan anda tidak tercapai. Senam aerobic dibagi menjadi beberapa bagian.

Beberapa jenis senam aerobik dan manfaatnya bagi tubuh anda

Low Impact Aerobic

Jenis senam aerobic yang pertama adalah low impact aerobic atau senam aerobic dengan gerakan yang ringan. Jenis ini biasanya digunakan pada orang tua lanjut usia, orang yang mengalami obesitas, perempuan hamil atau orang yang memiliki tubuh lemah. Senam aerobic ini sangat aman dilakukan. Tidak akan membuat sendi atau tulang anda cidera atau terluka. Intensitasnya gerakannya sangat rendah dan ringan, jadi bisa menghindari cidera olahraga. Gerakannya mudah dilakukan. Untuk para pemula yang sedang memulai latihan senam aerobic bisa memulai jenis low impact aerobic terlebih dahulu.

High Impact Aerobic

High impact aerobic merupakan jenis senam aerobic yang paling banyak digunakan. Seperti namanya, aerobic ini memiliki gerakan yang keras. Ada banyak gerakan melompat, berputar, menyerat dan masih banyak lainnya. semua gerakan yang dilakukan merupakan gerakan yang lincah. Jenis ini cocok digunakan buat anda yang memiliki tubuh yang kuat, masih lincah dan aktif. Dengan menggunakan senam aerobic ini akan membuat proses pembakaran lemak lebih efektif. Jadi membuat proses penurunan berat badan anda lebih cepat, musik yang digunakan juga lebih keras dan energik.

Rockrobic

Jenis senam aerobic selanjutnya adalah rockrobik. Senam rockrobik merupakan gabungan antara senam low impact aerobic dan high impact aerobic. Dalam jenis ini jadi ada beberapa gerakan yang keras dan ada beberapa gerakan yang ringan. Jadi akan membuat tubuh lebih mudah untuk beradaptasi. Misalnya di awal menggunakan gerakan yang ringan terlebih dahulu. Jika tubuh sudah lebih panas, baru ditambah dengan gerakan yang keras, setelah itu untuk mengembalikan tubuh ke kondisi semula diakhiri dengan gerakan yang ringan. Jenis ini akan membuat proses pembakaran lemak lebih efektif. Sangat cocok buat anda yang ingin menurunkan berat badan.

Discorobic

Discorobik juga merupakan jenis senam aerobic yang menggabungkan antara gerakan keras dan gerakan ringan. Tetapi bedanya dengan rockrobik, jenis discorobik ini menggunakan musik disco untuk pengiring musiknya. Jadi untuk gerakan yang keras lebih tajam dan berani. Seperti melompat, berputar dan lainnya. tetapi untuk tetap menjaga pernafasan dan menghindari cidera, ditambah dengan gerakan-gerakan yang ringan. Jenis ini tidak boleh dilakukan pada orang yang lanjut usia, hamil atau kegemukan karena bisa membahayakan pernapasan dan mudah cidera.

Aerobik Sport

Jenis senam aerobic yang terakhir adalah aerobic sport. Jenis ini menggabungkan antara gerakan keras, gerakan ringan dan beberapa gerakan kalestenik. Jenis ini sangat cocok dilakukan pada orang yang tidak hanya ingin membakar lemak saja, tetapi juga mendapatkan tubuh yang lentur. Dengan melakukan latihan ini akan membuat otot tubuh lebih lentur dan kencang. Itulah beberapa jenis aerobic yang bisa anda lakukan. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Yang paling penting harus dilakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s