Manfaat Aerobic

AerobicManfaat Senam Aerobik – BL (BODY LANGUAGE) adalah jenis senam yang terkenal saat ini, sebagai teknik untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh. Senam aerobik sangat populer di Indonesia.
Menurut analisis yang dipublikasikan dalam British Journal of Sport Medicine, dengan mempertahankan senam aerobik sampai usia pertengahan dan meneruskan gaya hidup ini sampai usia tua, seseorang dapat menunda umur biologisnya hingga 12 tahun (terlihat lebih muda 12 tahun).

MANFAAT SENAM AEROBIC & BL (BODY LANGUAGE)

Sebelum membahas gerakan dan jenis-jenis senam aerobik, sebelumnya kita bahas dulu apa saja manfaat aerobik bagi kesehatan, yaitu antara lain:

a. Meningkatkan konsumsi oksigen tubuh yang diperlukan untuk membangkitkan energi melalui proses metabolisme.
b. Olahraga aerobik yang rutin, dapat memperlambat penuaan secara biologis.
c. Olahraga aerobik intensitas tinggi dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan kekuatan aerobik rnaksimum sebesar 25%. Ini setara dengan perolehan 6 ml_kg/menit atau jika dibandingkan menjadi 10-12 tahun usia biologis.
d. Dapat menurunkan risiko penyakit serius.
e. Setelah cedera atau sakit, waktu pemulihan lebih singkat daripada individu yang tidak meIakukan senam aerobik.
f. Menurunkan risiko terjatuh dengan mempertahan­kan kekuatan otot.
g. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Gerakan Aerobik
Gerakan Senam Aorobik – Selain aerobik, ada beberapa jenis senam yang dapat dilakukan dan bermanfaat bagi kesehatan, kebugaran, dan kecantikan, di antaranya:

a. Senam Low impact

Sebenarnya, variasi gerakan dalam low impact hampir sama dengan senam aerobik. Hanya saja low impact dilakukan dengan irama yang lebih lambat. Gerakan dasarnya berupa jalan dan tidak ada loncatan sama sekali. Manfaat senam ini sama dengan aerobik, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan stamina tubuh. Karena sifatnya lambat, maka senam ini boleh dilakukan siapa saja yang masih mampu untuk melakukannya. Orang tua maupun muda boleh melakukannya karena variasi­variasi gerakannya sederhana dan mudah diikuti.

b. Body Language (Senam BL)

Senam body language merupakan istilah dan tren baru dalam dunia senam. Senam ini muncul sekitar
3-4 tahun lalu. Jika diperhatikan, body language ini bukanlah gerakan-gerakan senam yang baru. Body language merupakan gabungan dari beberapa jenis senam yang sudah ada, antara lain senam pembentukan, senam nafas, gerakan dasar jazz, dan gerakan balet.
Senam Aerobik Body language itu mengutamakan gerakan-gerakan untuk kelenturan dan pembentukan otot tubuh. Bila senam ini dilakukan dengan benar dan tepat, dapat menghasilkan bentuk tubuh yang indah dengan kelenturan yang baik, di samping untuk menjaga stamina. Body language juga mengombinasikan gerakan-gerakan senam dengan cara pernafasan yang benar. Hasilnya, stamina dan kesehatan tubuh yang baik. Selain itu, senam ini baik untuk wanita terutama mereka yang mempunyai problem dengan bentuk tubuh yaitu obesitas ataupun bentuk bagian tubuh tidak proporsional.

c. Body Performance

Jenis Senam Aerobik Body Performance, teknik gerakannya hampir sama dengan body language. Bedanya, gerakan-gerakan pada body language banyak berfokus pada daerah pinggang serta pinggul. Sedangkan body performance, sesuai namanya, yaitu untuk menampilkan tubuh. Jadi, gerakan-gerakan yang dilakukan lebih merata pada seluruh bagian tubuh. Pada body language banyak dipakai dasar gerakan senam nafas dan pembentukan sedangkan senam body performance banyak memasukkan gerakan dasar balet, jazz, dan lebih pada kelenturan tubuh. Senam ini cocok untuk segala usia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s